Subscribe:

Labels

Wednesday 17 June 2015

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai

Semenit yang kau gunakan untuk mengeluh adalah
semenit yang seharusnya kau gunakan untuk berupaya.
(Mario Teguh)

Ujian adalah keniscayaan hidup. Di mana pun tempatnya, ujian adalah sarana untuk mengetahui sejauh mana kepantasan seseorang untuk naik ke level pendidikan berikutnya. Jika di kalangan siswa sekolah dasar hingga menengah ada ujian nasional (UN), maka di kalangan mahasiswa ada skripsi.

Sudah terlalu banyak cerita ngenes di buku-buku harian, media sosial, blog, gara-gara skripsi yang tak kunjung kelar. Karena itu tulisan ini tidak bermaksud menambah kadar kengenesan kalian yang mungkin saat ini sedang berkutat dengan skripsi. Saya hanya ingin menshare pengalaman saya yang juga menjadi korban ‘skripsi karet.’

Saya menyebutnya begitu karena gara-gara skripsi, masa studi saya yang seharusnya cukup 4 tahun, molor sampai 4 bulan berikutnya. Ya, masih mending molornya 4 bulan. Ada yang molornya hingga satu, dua, bahkan tiga tahun berikutnya (itu kuliah ato mau kredit rumah?).

Well, ibarat dokter yang ingin melakukan operasi, maka dia harus tahu dulu tentang anatomi tubuh manusia. Skripsi pun tak jauh berbeda dengannya. Sebelum membahas tips menangani skripsi agar cepat selesai, penting untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi kelancaran skripsi.

Adapun beberapa tips yang bisa saya berikan agar skripsi cepat selesai yaitu:

1.Kerjakan!
Tidak ada nasihat yang lebih baik untuk mempercepat penyelesaian skripsi selain “KERJAKAN sekarang juga!” Skripsi itu bisa selesai jika dan hanya jika kita kerjakan. Tidak ada jalan lain. Agar lebih mudah, pengerjaan skripsi harus dicicil per bab dengan tenggat waktu tertentu. Dan jangan lupa untuk terus bersabar menghadapi coretan merah dosen pembimbing yang ‘kalap’.

2.Baca lagi Poin Satu!
Ini serius. Baca lagi poin nomor satu. Tak cuma dibaca, tapi juga dipatuhi. Betapa banyak mahasiswa semester akhir yang sadar harus segera menyelesaikan skripsi, tapi sikapnya mengalah pada kemalasan? Ingat, semenit menunda skripsi = sehari menunda wisuda! “Kerjakan—SEKARANG JUGA!!!”

3.Kejarlah Dosbing, Skripsi-Ku-Garap
Jangan biasakan bersikap lembek pada dosbing. Jangan cuma menjawab nggih, njih, ya, paham, atau baik Pak. Kita harus berani menyampaikan inisiatif perbaikan. “Kalau saya tulis begini bagaimana, Pak? Kalau saya buat begitu bagaimana?” Dosen akan menghargai mahasiswa seperti itu. Kuatlah terhadap kritik, saran, bahkan cercaan dosbing. Anggaplah mentalmu sedang dilatih agar sast sidang tidak kelabakan.

4.Bersekutulah
Tidak ada salahnya jika kita bertanya pada kakak tingkat yang sudah lebih dulu lulus. Pengalaman mereka saat mengerjakan skripsi sangat penting. Apalagi jika jenis penelitian atau dosbingnya sama. Kita bisa mengorek banyak hal dari kakak tingkat—termasuk meminjam buku-buku referensi yang dipakainya. Selain dengan kakak tingkat, bersekutulah dengan teman sekelas/sejurusan. Ajak teman untuk mengerjakan skripsi bersama-sama. Tapi pastikan fokus kita tetap pada pengerjaan skripsi, tidak beralih menjadi kesibukan ngerumpi bersama teman kita.

5.Rajin BackUp
Mem-backup data skripsi itu penting. Gunakan berbagai media penyimpanan untuk membackup data. Jangan menyimpan file skripsi di satu harddisk, simpanlah di partisi hardisk yang lain (yang jelas jangan sekali-kali menyimpan di drive C). Gunakan pula media penyimpanan yang bersifat eksternal seperti flashdisk atau aplikasi Google Drive. Intinya, gunakan segala media penyimpanan untuk membackup data. Lebih-lebih data yang memuat hasil penelitian. Jangan malas membackup datamu! Kehilangan di luar tanggung jawab dosen pembimbing.

Itu saja 5 tips sederhana untuk mempercepat pengerjaan skripsi. Tips-tips lainnya bisa menyusul karena saya agak illfeel kalau blog ini mengekor On The Sp*t yang konsisten dengan tujuh fakta uniknya. Dan sekali lagi, ini hanya didasarkan pada pengalaman saya dulu semasa kuliah, Jangan digeneralisasikan sebagai hujjah yang boleh jadi bisa menyesatkan mahasiswa lain. Sekian dan semoga skripsi kita dilancarkan. Aamiin

0 comments:

Post a Comment